#1: Introduction to WWW & Website Infrastructure

Written by: Inez Amandha



WORLD WIDE WEB

World Wide Web (WWW) atau yang lebih dikenal dengan website adalah istilah bagian dari internet yang berisi halaman web, gambar, video, dan konten lainnya yang dapat diakses melalui browser web. Istilah WWW pertama kali ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991.


WWW menjadi pusat pengembangan dari informasi karena sampai saat ini perkembangannya sangat pesat. WWW juga dapat digunakan oleh manusia untuk berinteraksi atau berkomunikasi di internet. Website dapat terdiri dari beberapa tipe media namun halaman website itu termasuk ke dalam hypertext yang sudah diformat menjadi HTML (Hypertext Markup Language).



WEBSITE INFRASTRUCTURE


Bagaimanakah kerangka dari sebuah website? Agar lebih mudah memahaminya, kita bisa asumsikan kerangka sebuah website seperti kerangka pada rumah.



Platform

Platform dapat diasumsikan sebagai fondasi dari sebuah rumah. Setiap rumah memiliki fondasi dimana rumah itu dapat berdiri dengan kokoh. Sama halnya dengan website, platform adalah tempat dimana website itu berdiri. Contohnya platform yang populer antara lain Wordpress, Joomla, Squarespace. Namun, terdapat pula platform yang lainnya. Platform yang disebutkan dapat dikatakan populer karena memiliki CMS (Content Management System) yang baik dan mudah digunakan oleh user. Platform memudahkan pembuat website karena sudah dapat mengisi konten dari websitenya dan ada beberapa template tema website yang sudah disediakan.


Bagaimana bila sebuah rumah tidak memiliki fondasi? Tentu bisa saja. Tidak semua rumah memiliki fondasi. Sama halnya dengan website, boleh saja tidak menggunakan platform. Namun, pembuat website harus menuliskan codenya dari awal tanpa bantuan CMS (Content Management System)



Front End & Back End

Front End dapat diasumsikan sebagai barang-barang pada rumah yang bisa kita lihat dan sentuh. Contohnya adalah dinding, barang-barang, pintu, dan lain-lain. Benda tersebut. Singkatnya adalah tampilan dari sebuah rumah.


Sama halnya dengan website, Front End adalah suatu hal yang bisa kita lihat di website dan dapat berinteraksi dengan user. Untuk lebih singkatnya, dapat disebut dari tampilan dari suatu website. Untuk membuat Front End pada website, biasanya menggunakan HTML, CSS, dan Javascript.


Sedangkan, Back End dapat diasumsikan sebagai hal-hal yang tidak terlihat di rumah namun berfungsi sebagai penyokong benda-benda di rumah. Contohnya adalah kabel dan pipa yang tidak terlihat, biasanya berada di gudang rumah atau bawah tanah. Namun bagaimana bila tidak ada kabel ataupun pipa meskipun sudah memiliki barang-barangnya? Kemungkinan besar, barang-barang tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Contohnya adalah wastafel, bila tidak dipasang pipa air kemungkinan tidak akan bisa digunakan wastafel tersebut, namun hanya sebagai pajangan saja.

Back End pada website tidak terlihat tampilannya seperti apa oleh user, namun berfungsi agar user dapat berinteraksi dan menggunakan fitur pada website dengan baik. Untuk membuat Back End pada website, dapat menggunakan bahasa-bahasa pemrograman seperti Python, Java, PHP, dan lain-lain.


Maka dari itu, Front End dan Back End pada website saling berkesinambungan dan termasuk hal yang penting dalam membuat sebuah website.



HTML

HTML dapat diasumsikan sebagai struktur dari sebuah rumah. Misalkan seperti bentuk ruangan dari suatu rumah seperti apa. Setiap ruangan memiliki bentuk, lebar, ataupun tinggi yang berbeda-beda. Sama halnya dengan website, HTML sebagai struktur dan bentuk dari sebuah website. Setiap halaman pada website bisa saja memiliki struktur dan bentuk yang berbeda-beda untuk meletakkan kontennya.



CSS

Jika diasumsikan pada rumah, CSS berfungsi untuk memperindah rumah, misalkan seperti menambahkan wallpaper untuk dinding rumah ataupun hal-hal lainnya yang membuat rumah menjadi lebih indah.


Sama halnya pada website, CSS yang akan mempercantik website kita. Hal-hal yang bisa dilakukan CSS antara lain seperti menambahkan warna pada website, mengganti font, dan lain-lain.



Website Copy

Website Copy dapat diasumsikan sebagai benda-benda yang ada di dalam rumah, seperti sofa, meja, ataupun yang lainnya. Bila tidak ada benda-benda tersebut, rasanya sebuah rumah menjadi hampa karena hanya ada struktur bangunannya saja.

Sama halnya pada website, Website Copy adalah konten yang ada di dalam website. Misalkan pada situs travel blog, maka kontennya adalah seputar travelling.



Domain Name

Domain Name dapat diasumsikan sebagai alamat dari sebuah rumah. Alamat rumah memiliki keterangan di jalan mana dan nomor berapa rumah tersebut terletak. Dan pastinya nomor tersebut unik sehingga tidak ada rumah lain yang memiliki alamat yang sama.


Sama halnya pada website, domain name adalah identitas dari suatu website. Ia pasti akan unik.


Contoh domain name adalah google.com. Jika kita membuka situ tersebut, pasti akan redirect ke Google, bukan ke situs yang lainnya.



Hosting / Server

Hosting / Server dapat diasumsikan sebagai tanah dari suatu rumah. Pada website, hosting / server adalah tempat dimana website tersebut dapat dibangun. Untuk lebih jelasnya, hosting adalah tempat untuk menyimpan data di website. Hosting ditempatkan di sebuah server. Kita dapat membeli hosting/server di beberapa website yang menyediakannya, ataupun dapat menggunakan yang gratis.



Internet

Istilah internet sudah seringkali digunakan oleh masyarakat. Bila diasumsikan pada rumah, internet menjadi jalanan pada rumah. Ia yang menghubungkan dari satu rumah ke rumah yang lain.


Sama halnya dengan website, internet adalah sesuatu jaringan yang dapat berfungsi untuk menghubungkan website dengan website lain sehingga kita dapat berkunjung dari satu website ke yang lainnya.



References:

https://qwords.com/blog/pengertian-www-world-wide-web/

https://img.freepik.com/free-vector/people-holding-world-wide-web-icons_53876-66128.jpg?size=626&ext=jpg

https://www.searchinfluence.com/blog/home-sweet-home-think-of-your-website-like-a-house-to-help-your-business/

https://caffeinatedcommunications.com/website-like-house/

https://designtlc.com/difference-between-domain-and-website-hosting/

58 views0 comments

Recent Posts

See All